logo blog
www.lazada.com

Kandungan Gizi dari Ubi

Kepopuleran Ubi Cilembu sudah tidak diragukan lagi....eksport telah banyak dilakukan sampai ke Jepang, Malaysia, dan Singapura...untuk pasar dalam negeri sendiri sudah hampir keseluruh nusantara ....pendistribusiannya dilakukan setiap minggu oleh para pengusaha yang ada didesa cilembu keberbagai tempat, baik secara perorangan maupun melalui centra-centra ubi yang ada didesa. Ubi "madu" Cilembu yang memang rasanya semanis madu dan dapat mengeluarkan "cairan seperti madu" setelah di "oven"sangat disukai oleh banyak kalangan terutama kalangan atas yang telah banyak mengetahui kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.
Pada posting kali ini tidak akan membahas secara detail kandungan gizi yang terdapat didalam ubi"madu"Cilembu secara khusus, tapi kita coba bahas kandungan gizi pada ubi secara umum, dan di fokuskan pada jenis ubi ungu...disebut ungu karena memang berwarna ungu.....{masyarakat Cilembu menyebutnya "Ubi Jawer"/"sweet Potatos...[ipomoea batataz]"}
Kandungan karbohidrat pada ubi ungu ini sangat baik untuk penderita "diabetes" karena kadar gula yang terkandung didalamnya unsurnya sangat sederhana sehingga dapat dijadikan sumber karbohidrat bagi penderita sebagai pengganti nasi. 
Selain dari pada kandungan seratnya yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah kanker saluran pencernaan, juga dapat mengikat zat karsinogen yang berfungsi untuk mencegah kanker didalam tubuh, keunggulan ubi ungu ini juga memiliki kandungan Vitamin A (retinol)yang dapat mengalahkan kandungan vitamin A yang terdapat pada kangkung dan bayam, didalam 100gr Ubi ungu terdapat 2310 mcg setara dengan satu tablet Vitamin A murni....dahsyat bukan..?!
Kandungan Gizi Ubi Ungu/merah...Ubi Jawer per 100gr  :
  1. Protein         :  1,8 gr
  2. Lemak         :  0,7 gr
  3. Karbohidrat :  27,9 gr
  4. Mineral        :  1,1 gr
  5. Kalsium       :   49 mlgr
  6. Vitamin A (retinol)      : 2310 mcg
  7. Vitamin C (Askorbat) : 29 mlgr
Kandungan lainnya adalah serat kasar dan abu (antosianin) sebesar 519 mgr/100gr, yang berfungsi untuk fisiologis anti oksidan, anti kanker, anti bakteri dan perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. 
Ubi ungu ini memiliki antioksidan dan anti bakteri yang tinggi yaitu 2,5 dan 3,2 lebih tinggi dari pada varietas lainnya, dan baik untuk melancarkan peredaran darah.
Inilah....mungkin..kenapa orang-orang desa....seperti masyarakat desa cilembu sehat dan kuat seperti saya...heheheee..karena setiap hari mengkonsumsi ubi ungu sebagai cemilan pagi dan sore hari ditemani kopi pahit sambil dipijit oleh sang istri...dan dikitari oleh putra/putri sambil menikmati kesejukan desa....mantap.
......amin.....

Sumber : www.banabakery.co.cc

Semoga bermanfaat...
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
author-photo

Saya mah ng'blognya sambil dagang Ubi , dagang Kemasan Bambu Unik, sama dagang Keripik Singkong partey gede'...nyambi juga jadi makelar Tanah, naon ge' ya hayu-lah...Anda penasaran?..sama, saya juga.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. DESA CILEMBU - Privacy Policy | Disclaimer | Template Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger