logo blog
 photo c2c9f49b-e928-4ce6-9770-240946062b9c_zps9d9d335e.png

Pemberdayaan Masyarakat

RAPAT
EVALUASI DAN KOORDINASI TENAGA PENDAMPINGAN MASYARAKAT 
PEMBINAAN PPIP JAWA BARAT TAHUN ANGGARAN 2011 (10 JUNI 2011)

Sebagai pelaku Pemberdayaan Masyarakat...dan insyALLAH tidak menjadi 'Memperdaya masyarakat' (pinjem istilah bapak Dirjen), cilembu ingin share dari hasil koordinasi mengenai tupoksi dari pelaku dilapangan dalam program PPIP (Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan) Tahun Anggaran 2011 Provinsi Jawa Barat. Mudah mudahan postingan orang desa ini...berguna khususnya untuk para pelaku program nasional ini, dan umumnya untuk masyarakat luas, sehingga kita semua dapat saling bahu membahu dalam melaksanakan dan mensukseskan apa yang bersama kita cita-citakan...jiah eyla...(kata anak bekasi mah..."blagu luh...!!") heheheee...
Pemberdayaan Masyarakat


Tupoksi Tenaga Ahli 
TEAM LEADER  
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan seluruh tugas dan tanggungjawab KMK PPIP TA. 2011. 
  • Menjamin pelaksanaan program sesuai dengan pedoman umum dan pedoman pelaksanaan PPIP 2011 
  • Menjamin tugas-tugas dan tanggungjawab KMK dapat dilaksanakan dengan baik. 
  • Mengkoordinasikan seluruh tugas dan tanggungjawab KMK.
  • Mengkoordinasikan penyusunan laporan rencana kegiatan, laporan kemajuan fisik dan keuangan, laporan mingguan dan laporan bulanan sesuai dengan format-format yang telah ditetapkan, serta menyusun laporan lainnya yang tertuang dalam kontrak. 
  • Melakukan pengendalian terhadap seluruh personil konsultan. 
  • Memberikan masukan dan rekomendasi pengembangan program ke depan. 
Tenaga Ahli Teknik Sipil & Teknik Lingkungan 
Kesiapan kabupaten termasuk kesiadaan BOP dan SK Tim Pelaksana dan SK Satker. 
  • Membantu Tim Pelaksana Kabupaten dalam mensosialisasikan program di tingkat kabupaten dan masyarakat di desa-desa sasaran; 
  • Melakukan pemberdayaan dan penyiapan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan di tingkat desa; 
  • Melakukan pelatihan dan bimbingan kepada fasilitator dan OMS 
  • Memfasilitasi penyusunan rencana Operasi dan Pemeliharaan;
  • Meningkatkan peran KPP untuk keberlanjutan/kesinambungan dan pengembangan infrastruktur hasil kegiatan 
  • Menjamin spesifikasi teknis infrastruktur desa yang direncanakan oleh OMS sesuai dengan Petunjuk Teknis yang ditetapkan; 
  • Melakukan pengendalian terhadap fasilitator secara intensif 
  • Menjamin fasilitator telah melaksanakan pendampingan di desa sasaran secara tepat. 
  • Melakukan monitoring secara rutin ke lapangan dan melakukan uji petik pelaksanaan dan menyampaikan laporan 2 mingguan (format monitoring) ke KMP secara akurat dan tepat waktu melalui SIM PPIP. 
  • Memfasilitasi laporan monitoring (hard copy) Satker Provinsi kepada Tim Pelaksana Pusat. 
  • Memberikan saran penanganan pengaduan, serta alternatif tindak lanjut penanganannya kepada Tim Koordinasi Kabupaten; 
  • Membantu dalam penyusunan laporan E Monitoring dan SAI satker di Kabupaten dan provinsi PPIP 2011. 
  • Melakukan dokumentasi foto-foto pelaksanaan dengan menggunakan kamera digital minimal 6 megapixels (tidak boleh menggunakan Hand Phone). 
  • Melakukan wawancara kepada masyarakat untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program dan manfaat pembangunan infrastruktur. 
  • Memilih lokasi-lokasi sebagai Best Practise dengan menjelaskan keunggulan manfaat yang diterima masyarakat. 
  • Melakukan konsolidasi pelaporan mulai dari tingkat desa, kabupaten dan propinsi. 
  • Melakukan analisis dan evaluasi pelaksanaan program
  •  Koordinasi dan pelaporan ke tingkat provinsi (Satker dan Tim Pelaksana)
  •  Koordinasi dan pelaporan ke tingkat kabupaten (Satker dan Tim Pelaksana) 
  • Koordinasi dan pelaporan ke tingkat pusat (KMP) 
Tenaga Ahli Pemberdayaan
  • Memberikan bantuan manajemen kepada para penyelenggaran di tingkat provinsi dan kabupaten (tim pelaksana provinsi, tim pelaksana kabupaten dan satuan kerja di tingkat provinsi dan satuan kerja di tingkat kabupaten). 
  • Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Tim Koordinasi (PNPM Mandiri) provinsi dan Kabupaten dalam penyelenggaraan program; 
  • Melakukan pendampingan dalam sosialisasi di tingkat kabupaten dan desa sasaran.
  • Melakukan koordinasi di tingkat kabupaten dan desa sasaran dalam setiap tahapan pelaksanaan program 
  • Melakukan koordinasi dalam pendampingan pemberdayaan masyarakat dan pelaksanaan fisik di tingkat desa; 
Pembinaan dan pengendalian terhadap fasilitator di wilayahnya. 
  • Menyiapkan materi-materi sosialisasi, penyebarluasan informasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan sosialisasi dan penyebarluasan informasi di tingkat provinsi dan kabupaten.
  • Menyusun materi pelatihan dan pelatihan kepada pelaksana di tingkat desa. 
  • Melakukan pengendalian pelaksanaan program 
  • Melakukan evaluasi pelaksanaan program diwilayahnya. 
  • Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Tim Pelaksana di tingkat kabupaten dan pelaksana di tingkat desa;
  • Memberikan dukungan manajemen dan pemberdayaan kepada fasilitator fasilitator dan pelaksana kegiatan di tingkat desa.
  • Memantau dan melakukan supervisi penanganan masalah maupun keluhan dari masyarakat dan pelaku di lapangan.
  • Melakukan analisis aspek pemberdayaan serta merumuskan rekomendasi penyelesaian masalah yang serius/menonjol; 
  • Melakukan analisis aspek pemberdayaan serta merumuskan rekomendasi penyelesaian masalah yang serius/menonjol 
Tenaga Ahli Evaluasi Dan Monitoring 
  • Memberikan bantuan manajemen kepada para penyelenggaran di tingkat propinsi dan kabupaten (tim pelaksana provinsi, tim pelaksana kabupaten dan satuan kerja di tingkat provinsi dan satuan kerja di tingkat kabupaten). 
  • Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Tim Koordinasi (PNPM Mandiri) Provinsi dan Kabupaten dalam penyelenggaraan program; 
  • Melakukan pengumpulan data-data pelaksanaan dan administrasi OMS 
  • Melaksanakan bimbingan kepada fasilitator perihal pembuatan laporan-laporan 
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja fasilitator dan melaporkan kepada satker provinsi 
  • Melaksanakan pengendalian terhadap fasilitator secara intensif 
  • Melakukan monitoring secara rutin ke lapangan dan melakukan uji petik pelaksanaan 
  • Melakukan pengumpulan laporan keuangan dan administrasi OMS.
  •  Membantu dalam penyusunan laporan E Monitoring dan SAI satker di Kabupaten dan propinsi PPIP 2011. 
  • Melakukan dokumentasi foto-foto pelaksanaan dengan memberikan penjelasan terhadap hasil pelaksanaannya. 
  • Melakukan wawancara kepada masyarakat untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program dan manfaat pembangunan infrastruktur 
  • Melakukan monitoring secara rutin ke lapangan dan melakukan uji petik pelaksanaan dan menyampaikan laporan 2 mingguan (format monitoring) ke KMP secara akurat dan tepat waktu melalui SIM PPIP.
  • Memfasilitasi laporan monitoring (hard copy) Satker Provinsi kepada Tim Pelaksana Pusat. 
  • Memilih lokasi-lokasi sebagai Best Practise dengan menjelaskan keunggulan manfaat yang diterima masyarakat. 
  • Melakukan inventarisasi dan pelaporan data titik koordinat lokasi pekerjaan dengan menggunakan Global Positioning System/GPS 
  • Melakukan konsolidasi pelaporan mulai dari tingkat desa, kabupaten dan provinsi. 
  • Melakukan analisis dan evaluasi pelaksanaan program 
  • Mengkoordinasikan penyusunan laporan rencana kegiatan, laporan kemajuan fisik dan keuangan, laporan mingguan dan laporan bulanan sesuai dengan format-format yang telah ditetapkan, serta menyusun laporan lainnya yang tertuang dalam kontrak. 
  • Memberikan masukan dan rekomendasi pengembangan program ke depan. 
Tenaga Pendukung 
  • 1 (satu) orang Assisten Tenaga Ahli Teknik Sipil / Teknik  Lingkungan 
  • 1 (satu) orang Assisten Tenaga Ahli Pelaporan 
    Konsultan Pendamping Melakukan
    • Rencana Kegiatan 
    • Laporan bulanan 
    • Laporan Draft Final 
    • Laporan final 
    • Penjadwalan kegiatan wilayah kerja
    • Penjadwalan kegiatan per kabupaten 
    • Realisasi kegiatan wilayah kerja 
    • Realisasi kegiatan per kabupaten 
    • Evaluasi laporan dan kinerja fasilitator 
    • Melaporkan dan merekomendasikan kinerja fasilitator ke satker kabupaten dan provinsi 
    • Melaksanakan pendampingan pada setiap kegiatan di kabupaten dan desa (sosialisasi, musdes 1 s.d 4, rembug warga, perencanaan, monitoring dan Pengawasan pelaksanaan, pasca pelaksanaan) 
Konsultan Managemen Kabupaten 
  • Menyusun rencana kerja pelakasanaan program di tingkat Kabupaten 
  • Membantu tim pelaksana kabupaten dalam pelaksanaan sosialisasi program PPIP di tingkat kabupaten dan desa
  •  Membantu satker kabupaten dan tim pelaksana kabupaten dalam pengelolaan manajemen program baik progres fisik, keuangan dan penyaluran dana 
  • Mendampingi FM dalam pelaksanaan sosialisasi  dan pemberdayaan di tingkat kabupaten dan desa 
  • Mendampingi FM dalam pemahaman prosedur dalam aspek perlindungan sosial, lingkungan, kualitas, gender, partisipasi masyarakat, dan penyebarluasan program serta pengendalian 
  • Melakukan pemantauan untuk menjaga agar prosedur dalam aspek perlindungan sosial, lingkungan, kualitas, gender, partisipasi masyarakat, dan penyebarluasan program serta pengendalian dapat terlaksana dengan baik sesuai ketentuan 
  • Melakukan pengendalian terhadap kinerja Fasilitator 
  • Membantu TPK (tim pelaksana kab) dalam pengelolaan pengaduan dan memberika saran, tindak lanjut dan melaporkan ke TPK
  • Melakukan koordinasi dengan TPK dan TAMPr, serta melaporkan secara rutin dan kontinu 
  • Memfasilitasi dan menyiapkan bahan rapat koordinasi rutin, menyampaikan notulennya 
  • Melakukan konsolidasi laporan FM dalam data base (baseline data, keterlibatan gender, peranserta masyarakat miskin, infrastruktur terbangun, swadaya masyarakat, tenaga kerja lokal, titik koordinat lokasi infrastruktur, pengumpulan SP2D dan SPM dll.
  • Melakukan dokumentasi pada setiap tahapan pelaksanaan (sosialisasi, persiapan, perencanaan, pelaksanaan fisik dan masa pemeliharaan) 
  • Menyusun LMK (laporan manajemen kabupaten) untuk disampaikan kepada TPK dan TAMPr 
  • Memberikan dukungan teknis dalam proses perencanaan kegiatan ditingkat desa 
  • Menyetujui perencanaan dan RAB yang dibuat OMS melalui satker kabupaten 
  • Melakukan bimbingan teknis dan administrasi kepada FM 
  • Melakukan supervisi dan Monitoring ke desa secara rutin 
  • Melakukan evaluasi pelaksanaan PPIP di tingkat kabupaten 
  • Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan TPK dan TAMPr 
  • Menyampaikan SP2D ke TAMPr paling lambat 10 hari setelah SP2D diterbitkan 
  • Memverifikasi dokumen perencanaan teknis infrastruktur desa yang direncanakan oleh OMS agar sesuai dengan Petunjuk Teknis yang ditetapkan 
  • Memfasilitasi penyusunan rencana Operasi dan Pemeliharaan 
  • Melakukan verifikasi dokumen pencairan agar sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang sudah ditetapkan 
  • Membimbing KPP dalam menyusun prosedur pemeliharaan dan rencana kerjanya 
Fasilitator 
  • Berkoordinasi dengan pemerintahan desa, dan tokoh masyarakat 
  • Melakukan sosialisasi dan penyebarluasan program kepada masyarakat di tingkat desa 
  • Memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berperanserta aktif 
  • Melakukan verifikasi terhadap dokumen persyaratan pencairan dana BLM 
  • Mengidentifikasi keanggotaan OMS, KPP, KD berikut peran dan tanggung jawabnya terhadap program pemberdayaan 
  • Melakukan pelatihan dan pembinaan kepada OMS, KPP, KD, aparat desa dan Kadus 
  • Melakukan pembinaan kepada kader desa dan KPP sebagai pengganti FM setelah program selesai 
  • Melakukan koordinasi dengan TAMK, tim pelaksana kabupaten, dan satker kabupaten 
  • Menyampaikan laporan bulanan kepada satker provinsi yang telah dievaluasi dan direkomendasikan oleh TAMK, PPK kabupaten/satker kabupaten 
Rekomendasi 
  • Tenaga fasilitator berkoordinasi dengan aparat desa (kepala desa), OMS, KMK dan Satker kabupaten (pendampingan, perencanaan, pelaksanaan, pasca pelaksanaan, time sheet dan pelaporan) 
  • KMK menyusun rencana kegiatan, jadwal pelaksanaan bersama satker kabupaten dan fasilitator 
  • KMK bersama satker kabupaten melaksanakan evaluasi kinerja fasilitator 
  • KMK mengevaluasi kegiatan dan produk laporan yang dibuat oleh fasilitator (tenaga ahli Monev) 
  • KMK menyampaikan rekomendasi kepada satker provinsi perihal usulan gaji fasilitator setelah laporan bulanan fasilitator mendapat persetujuan dari TAMK dan satker kabupaten
  •  Kabupaten segera membentuk TKPKD (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah) Kabupaten dan TPK (tim Pelaksana Teknis Kabupaten)
Semoga Pemberdayaan Masyarakat bermanfaat
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
author-photo

Saya mah ng'blognya sambil dagang Ubi , dagang Kemasan Bambu Unik, sama dagang Keripik Singkong partey gede'...nyambi juga jadi makelar Tanah, naon ge' ya hayu-lah...Anda penasaran?..sama, saya juga.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Berkomentarlah se'enak udelmu...kalau punya udel itu ge'......!!
_______________________________________
Salam sehat dan ceria selalu...ya..Neng!

.
Copyright © 2013. DESA CILEMBU - Privacy Policy | Disclaimer | Template Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger