logo blog
Cari UBI CILEMBU ASLI
Distributor UBI CILEMBU ASLI, Aneka Camilan Ubi dan KEMASAN UNIK dari BAMBU dalam dan luar negeri, warga Cilembu
desacilembu.blogspot.com Adsby Desa Cilembu

Cara Mendapatkan SPPT-IRT

Ubi Cilembupada
Asslammu'alaiqum ... Sampurasun ... Rampes.
Postingan minggu lalu mengenai "Apa Sih SPPT-IRT (P-IRT)" kurang afdol kalau tidak dilanjutkan dengan bagaimana cara mendapatkan SPPT-IRT.  Untuk mengingatkan kembali Surat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga adalah nomor produk pangan industri rumah tangga yang sudah di-sertifikasi produksi pangan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota atas rekomendasi dari BPOM.
bagaimana cara mendapatkannya...?

  1. Mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah c.q. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.
  2. Mencantumkan jenis produk pangan industri rumah tangga yang tidak membutuhkan teknologi canggih dan tenaga ahli.
  3. Setelah mengajukan permohonan, pemohon wajib mengikuti penyuluhan keamanan pangan dan diperiksa sarana produksinya.(waktu dan tempat penyuluhan ditentukan oleh Dinkes)
  4. Sarana produksi dilaksanakan oleh Dinkes di tempat produksi.
  5. Untuk mendapatkan SPP-IRT maka hasil pemeriksaan harus menunjukan nilai minimal "Cukup"
Ada dua (2)buah sertifikat yang akan diperoleh pemohon :
1. Sertifikat Keamanan Pangan,  Dengan ketentuan :
  1. Sertifikat diberikan kepada peserta yang lulus mengikuti penyuluhan Keamanan Pangan,
  2. Semua produsen P-IRT harus mempunyai minimal 1(satu) orang tenaga yang telah memiliki Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan,
  3. Bila produsen P-IRT tidak memiliki tenaga tersebut, maka harus menunjuk satu orang untuk mengikuti penyuluhan Keamanan Pangan tersebut,
  4. Penomoran Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan mengikuti ketentan yang berlaku.

2. Sertifikat Produksi Pangan - IRT, Dengan ketentuan :

  1. Sertifikat diberikan kepada produsen P-IRT yang mempunyai tenaga yang lulus penyuluhan keamanan pangan dan telah diperiksa sarana produksi dengan hasil minimal "Cukup".
  2. Sertifikat diterbitkan untuk 1 (satu) jenis pangan produksi IRT.
  3. Penomoran sertifikat produksi P-IRT mengikuti ketentuan yang berlaku,
  4. Jenis pangan produksi IRT diberi kode sesuai lampiran 4 dan kemasan sesuai lampiran 5.
  5. Contoh penomoran yang dimiliki Dodol Ubi Cilembu :  P-IRT No. 206321101550 
Itulah peluang bagi sohib yang memiliki usaha  rumahan yang ingin mengembangkan usahanya agar lebih resmi dan konsumen tidak menjadi ragu untuk mengkonsumsi produk yang kita miliki.

Sebaiknya sebelum mengajukan SPPT-IRT perlu dikonsultasikan kepada petugas yang berwenang. 
Berapa biayanya untuk mendapatkan No P-IRT ini?...silahkan konsultasikan dengan petugas Dinkes dikabupaten/Kota masing-masing. Otonomi daerah brad...hehehe

[]Selamat berjuang.
Dari berbagai litelatur

Enter your email address to get update from Desa Cilembu.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 comments

wah nice inpo nhe sob :)
Absen malam sob

Balas

Sindikasi :makasih brad

Balas

hmm
aku lama loading kalau ginian, pak desa
+___+

ehehehe, sukses aja ya pak!
nggak tahu mau komen apa sih =P

Balas

terus itu perpanjangan tiap berapa tahun pak kades? tertarik dengan info inn karena di daerahnya saya banyak usaha rumahan tapi tidakpernah tuh saya lihat yang mengurus ginian, mungkin belum dapat info kali hehe..
infonya mantab pak kades, terus berbagi biar kite2 ini paham.. :D

Balas

# por Maya: yang beginian emang wilayahnya kepala desa..bu kades cukup duduk manis, menyiapkan kopi manis dan tersenyum manis saja...bwahahahahaaa..(kalau om tonny baca ini..pasti ketawanya sambil garuk2 kepala deh)

Balas

om tonny ganteng: saya sendiri ga tau pasti om, soalnya kalau produknya maju-kan hubungannnya dengan PAJAK yah. nantilah saya tanya ke Kadin Kes dulu untuk pastinya.
dodol ubi yang sudah punya P-IRT sejak 2009 sampai sekarang belum ada verifikasi lagi, infonya sih cukup melaporkan pertahunnya ke Dinkes Kab/kota...jangan lupa sambil bawa produknya...yah sekedar untuk diperlihatkan bahwaa produknya masih ada dan di icip-icip..gitouh..(ada blogger yang tau persis?silahkan di share-kan)

Balas

Oh, jadi kalo punya produk rumah tangga gini ya ijinnya. :)
Nice info gan...

Balas

12-Harmony :..iyah gan, silahkan diupayakan bila punya produk, agar lebih lancar dalam pemasarannya.
makasih suportnya sehat-lah selalu

Balas

Makasih informasinya. sangat bermanfaat bagi saya.

Balas

sweethy amore:..insyaALLAH..amin

Balas

Copyright © 2013. DESA CILEMBU - All Rights Reserved | | Template Created by Kompi Ajaib - Powered by Blogger