logo blog
www.lazada.com

Contoh Proposal Yang Gol

Hal. 1
Permohonan Bantuan Keuangan
Untuk Pembangunan ....

Contoh Proposal Yang Gol


DESA CILEMBU
KECAMATAN PAMULIHAN KABUPATEN SUMEDANG
PROVINSI JAWA BARAT
2012



Hal. 2
PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG
  KEPALA DESA CILEMBU
  Jl. Raya Cilembu No. 46 Cilembu – Pamulihan 45362

                                                                    Cilembu,  ............2012


Nomor      :  413.2/58/DS/2012
Lampiran  :  1(satu) Berkas Proposal
Hal            :  Permohonan Bantuan Keuangan
Untuk Pembangunan .....
              Kepada  :
              Yth. Bapak .......
              Di.
                    T e m p a t


Dengan Hormat

Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan salam kepada Bapak, semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT, kamipun haturkan permintaan maaf yang sedalam dalamnya atas kelancangan kami menyampaikan surat permohonan pencairan keuangan dengan harapan kiranya Bapak berkenan menerimanya. Perlu kami informasikan dan perlu Bapak ketahui bahwa keberadaan .....(lokasi) Desa Cilembu, keadaanya sangat memprihatinkan dan membahayakan terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini sangat perlu untuk dibangun ............ karena akses jalan tersebut merupakan akses perekonomian warga desa cilembu yang mayoritas pencahariannya sebagai petani. Adapun rencana biaya untuk pembangunan tersebut adalah Rp. 300.000.000,- (Tiga Ratus Juta Rupiah), Rencana Anggaran Biaya terlampir.
Demikian kami sampaikan permohonan ini, besar harapan kiranya Bapak mempertimbangkan dan merelisasikan permohonan kami.
Atas Bantuannya kami ucapkan terimakasih

            
  PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG
   KEPALA DESA CILEMBU
  Jl. Raya Cilembu No. 46 Cilembu – Pamulihan 45362
                                                                               
SURAT PERNYATAAN
Nomor : ............../...../....../2012                  

Yang bertanda tangan dibawah ini     :
Nama                : ...................
Jabatan              : Kepala Desa Cilembu
Alamat               : ....................
No. Rekening Bank    :   ............

     Selanjutnya setelah diterimanya Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang untuk kegiatan pembangunan .......(lokasi) sebesar Rp. 300.000.000,- (Tiga Ratus Juta Rupiah) sesuai dengan Rencana Penggunaan Biaya (RPB).
      Maka sesuai dengan pasal 133 ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006, Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, kami bertanggungjawab sepenuhnya atas penggunaan dana bantuan tersebut dan akan mempergunakan bantuan tersebut sesuai dengan peruntukan yang tercantum dalam Proposal Permohonan Bantuan serta akan melaporkan penggunaannya kepada Gubernur Jawa Barat.
      Apabila bantuan dana sudah diterima merupakan tanggungjawab penerima/pemohon dan bersedia diperiksa oleh instansi pemerintah/pengawas.
      Demikian Surat Pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya dan kepada yang berkepentingan menjadi maklum                  
                                                                                      Cilembu, ..............2012
                                                                                     KEPALA DESA
                                                                                             
   PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG
 KEPALA DESA CILEMBU
    Jl. Raya Cilembu No. 46 Cilembu – Pamulihan 45362
                                                                              
BAB  I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan merupakan bagian tidak terpisahkan dari Pemerintahan Kabupaten Sumedang, mengingat kedudukan sebagai penyelenggara Pemerintahan Desa, hingga dengan demikian dalam melaksanakan pokok fungsi dan peranannya selalu berpedoman kepada kebijakan Pemerintah yang lebih tinggi. Pada saat ini Pemerintah Desa diharapkan menjadi miniature system Pemerintah Kabupaten, sehingga dapat menampilkan kinerja yang optimal didalam melayani masyarakatnya sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, dan Undang Undang Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Pemerintahan Pusat dan Daerah. Pemerintah Desa harus berfungsi secara kondusif dalam membangun kemitraan diantara berbagai domain tata Pemerintahan, yaitu sebagai unsur Pemerintahan Desa termasuk peran aktif  aktif Lembaga Permusyawaratan Desa (BPD) dan peran serta masyarakat.
Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota yang diserahkan pengaturannya kepada Desa adalah urusan kepemerintahan yang secara langsung dapat meningkatkan pelayanan pemberdayaan masyarakat dengan pembiayaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota.
B.     Maksud, Tujuan dan Manfaat
a)      Maksud
   Proposal Permohonan Bnatuan Pembangunan Infrastruktur Perdesaan, Desa Cilembu, kecamatan Pamulihan kabupaten Sumedang ini disusun dengan maksud :
1.      Meningkatkan perekonomian masyarakat desa
b)     Tujuan
1.      Mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat secara keseluruhan
2.      Memperlancar lalu lintas
3.      Menghindari longsor 
c)           Manfaat
Dengan terbangunnya Infrastruktur yang diajukan adalah salah satu pemecahan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dengan sasaran akhir sebagai berikut :
1.   Tersedianya jalan yang representatif bagi kebutuhan laju ekonomi masyarakat
2.  Tercapainya harapan masyarakat dan pemerintah sebagai sarana untuk mencapai tujuan dan arah pembangunan. 
BAB  II
GAMBARAN UMUM POTENSI DESA CILEMBU
1.      Kondisi Umum
a.       Demografi
§  Terletak di Kecamatan Pamulihan
§  Jumlah penduduk ± 4524 jiwa
§  Laki-laki: 2275
§  Perempuan: 2249
§  Terdiri dari 1431 KK
b.      Mata pencaharian penduduk desa cilembu diantaranya:
§  Petani,
§  Buruh tani
§  Peternak
§  Pengusaha kecil
c.       Letak Geografis
§  Sebelah utara berbatasan dengan Desa Cigendel
§  Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Mekar bakti
§  Sebelah timur berbatasan dengan Hutan Kareumbi
§  Sebelah barat berbatasan dengan Desa Haurngombong
d.  Pembagian Administrasi Wilayah
Desa Cilembu terdiri dari 3 dusun, 11 RW 33 RT
§  Dusun 1 terdiri dari: 3 RW dan 11 RT
§  Dusun 2 terdiri dari : 4 RW dan 13 RT
§  Dusun 3 terdiri dari : 4 RW dan 8 RT 
d.      Potensi Wilayah
§  Pertanian tanaman pangan (Ubi jalar, padi sawah, padi ladang, dll)
e.       Kehutanan
§  (kayu, bambu, dll)
f.       Peternakan
§  (Sapi, kerbau, ayam boiler, dll)
g.      Agama
§  Mayoritas penduduk Desa Cilembu beragama Islam
h.      Sarana dan Prasarana
·         Satu Badan Permusyawaratan Desa
·         Satu kantor Desa
·         Satu Poskesdes
·         11 Posyandu
·         15 Mesjid
·         1 Sekolah Menengah Pertama
·         (SMPN 03 Pamulihan)
·         1 Sekolah Dasar (SDN Cilembu )
·         Taman Kanak-kanak (Bhakti Putra Kareumbi, Anugrah)
·         4 Paud (Bhakti Putra Kareumbi, Anugrah, Ibnu    Katsir, Karya Bhakti)
·         Satu pondok pesantren, (Ponpes Ulumul Huda Al-Musyri)
i.        Potensi Wisata
·          Wisata alam Pangjugjugan
·         Toga Puri
·         Villa Anggrek

BAB  III
PROGRAM KERJA
Visi merupakan cara pandang jauh ke depan, kemana instansi pemerintah harus dibawa agar dapat eksis, antisipasif dan inovatif. Misi suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh Pemerintah Daerah. Oleh karena itu rumusan Visi dan Misi  harus mencakup :  Tujuan terluas dan terumum, termasuk semua yang berarti memperjelas   arah yang akan dicapai organisasi;
  • Gambaran aspirasi di masa depan
  • Inspirasi untuk mendapatkan yang terbaik
  • Pencapaian pada hasil;
  • Komunikasi dan pernyataan misi dan persuasive pimpinan
Mengacu pada Visi dan Misi Kabupaten Sumedang, maka yang menjadi Visi dan Misi Desa Cilembu adalah : “Terwujudnya Desa Cilembu sebagai daerah penopang agribisnis yang didukung oleh masyarakat yang sejahtera, tangguh, beriman dan taqwa, demokratis, berkesadaran hukum serta inovatif.”
Misi Desa Cilembu :
  • “Menegakan tata pemerintahan Desa yang makin baik, bersih dan amanah dengan berlandaskan kepada kedaulatan rakyat, demokratis, menjunjung tinggi supermasi hukum dan hak asasi manusia”.
  • “Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif yang ditopang oleh pembinaan akhlak mulia serta lingkungan dan modal sosial yang makin menjamin solidaritas sosial”.
  • “Meningkatkan pemanfaatan dan pembangunan potensi sumber daya alam dan ekonomi yang makin berwawasan lingkungan dan berkelanjutan menuju tercapaiya kesejahteraan masyarakat yang layak dan bermartabat”. 

BAB  IV
PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN

I.            PERMASALAHAN
    Permasalahan yang terjadi dan sedang kami hadapi adalah IPM yang belum tercapai, disebabkan pembangunan infrastruktur yang dapat kami lakukan belum maksimal dan jauh dari harapan dan kebutuhan masyarakat Desa Cilembu secara keseluruhan, akibatnya aktivitas masyarakat, baik ekonomi, politik, sosial, pendidikan dan budaya belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat.
  Pembangunan Infrastruktur sebagai penunjang hal tersebut diatas membutuhkan bantuan dan dukungan pendanaan dari pemerintah Provinsi dalam rangka tercapainya percepatan pembangunan tersebut.

II.           PEMECAHAN MASALAH
     Dengan mengoptimalkan segala potensi dan kemampuan masyarakat yang dikerahkan mulai tingkat RT, RW, Dusun, maka telah disusun sebuah rencana kegiatan sebagai berikut :
  • Tahap persiapan
  • Pelaksanaan
  • Monitoring
Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan mendapat dukungan, baik materil maupun moril dari berbagai pihak, baik dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, sampai kepada seluruh tokoh masyarakat Desa cilembu dan segenap warga desa dengan kesiapan swadaya dan tenaga.

III.        NAMA DAN JENIS KEGIATAN
Nama Kegiatan   :  Pembangunan ...........
Lokasi   :  Desa Cilembu, .......
  

BAB  V
PENUTUP

      Dalam rangka pemantapan pembangunan yang mendukung peningkatan perekonomian masyarakat, perlu kiranya didukung dengan infrastruktur yang memadai, demi tercapainya percepatan peningkatan  sektor perekonomian masyarakat desa.
         Pelayanan prima dan cepat kepada seluruh kebutuhan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, maka dituntut adanya keseimbangan pembangunan desa diberbagai sektor.
          Demikian Proposal ini kami ajukan dengan harapan apa yang kami cita-citakan dapat segera terwujud
Atas segala kebaikan dari semua pihak kami ucapkan terimakasih, semoga ALLAH SWT meridhoi usaha kita bersama.   Aaaaamiiiin

IV. FAKTA INTEGRITAS, SK dan SUSUNAN ORGANISASI MASYARAKAT SETEMPAT           (Terlampir)
IV.  PETA DESA (Terlampir)
V.    RENCANA ANGGARAN BIAYA (Terlampir)
VI.  DOKUMENTASI (Terlampir)

Demikian Contoh Proposal yang Gol, tentu nasib dan rezeki Desa tergantung perjuangan seluruh
warga dan seluruh aparatur pemerintahannya, Proposal ini hanya sebuah contoh semata tapi dasar
dan format yang berlaku khususnya di Jawa Barat, kurang lebih seperti ini.
Salam sehat, sukses dan bahagia selalu untuk kita semua...aaaaamiiiin


Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
author-photo

Saya mah ng'blognya sambil dagang Ubi , dagang Kemasan Bambu Unik, sama dagang Keripik Singkong partey gede'...nyambi juga jadi makelar Tanah, naon ge' ya hayu-lah...Anda penasaran?..sama, saya juga.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

79 komentar

ini yg uda cair apanya kang..?!? 300 juta nya..?!?! wuihhh.. ckckckc.. sukses terus dee kang. mantap!!

Belajar Photoshop

Balas

yang cair tentu cairan, masa batu...kamukan bukan batu(lagunya iwan fals)....apa coba?!

Balas

bermanfaat beudz ini kang.. top markotop!

semoga jawa barat makin makmur, dan makmurnya sgera menular ke kalbar, terutama di bagian infrastruktur.

Balas

artikel ini seharian saya post m'ba, tapi error mulu, padahal post awalnya ada prolognya...bolak balik edit dapetnya begini ini.

aaaamiiiin...semoga jadi inspirasi.

gimana rencana kpk tea m'ba?ada lanjutannyakah?

Balas

Sangat-sangat membantu bagi yg butuh proposal Kang...sukses trus buat akang

Balas

Sangat-sangat membantu bagi yg butuh proposal Kang...sukses trus buat akang

Balas

Udah doong, Mamang berkunjung ke Blog-nya Mbak Dinie geura.

Balas

Hatur nuhun kanggo Mamang.

#nyodorin kopi abjad

Balas

Assalamu'alaikum
salam sehat selalu sobat desa cilembu,maaf ya saya sudah lama sekali baru berkunjung lagi dilog anda.
proposalnya boleh juga sob,pasti master yang buatnya atau pak lurah ya?

o ya ada hadiah dari blog saya,silahkan dicek ya.

Balas

aktivis tiga zaman nihh. proposalnya masih keliatan rasa masa mudanya, hehe

Balas

waalaiqumsalam...langsung meluncur...serrr

Balas

aaaaamiiiiin...terimakasih suportnya kang.
salam sehat selalu

Balas

mangga disuruput bilih kaburu tiis kopina...hehehe

Balas

langsung...#cling..ada dipunggung kuda.

Balas

gan minta contoh Fakta Integritas dan SK Kades nya ya, kirim ke adesains@yahoo.com.
tq b4

Balas

kang minta contoh Fakta Integritas dan SK KAdes nya untuk OMS PPIP.
nuhun.
kirim ke adesains@yahoo.com

Balas

UDAH DI EMAIL jangan lupa pake kop desa.

Balas

Terima kang sudah berbagi contoh proposal yang gol, sukses selalu ^^

Balas

waduh...maaf komentarnya telat terdeteksi oleh saya kang....gimana dong?

Balas

Foto dia sama kayak fotoku mas hahaha

Balas

Wilujeng tepang.
Kang, nyuhunkeun soft kopi SK Kades tentang pembentukan OMS, Kaleresan abdi kenging PPIP,..ka : dramdani74@gmail.com

Balas

file udah tak kirimkan, punten konfirmasikeun deui kadieu mun tos katampa file na nya' kang....nuhun

Balas

Uhui Akang nu bageur, keren Oi proposalna.

Langsung di sedot... dot.........

Balas

kalau sayah masalah beginian gak ngerti kang, maklum jarang pulang hehehe...

tapi penting juga nih saya comot deh... siapa tau nanti saya jadi sekdes atau kepdes hehehe

Balas

Terimakasih Kang contoh proposalnya.
Pasti keriting tuh jarinya Kang Lembu ngetik sebanyak itu :D

Balas

silahkan diunduh bagi yang berminat

Balas

btw, 300 juta, coba kalau itu adalah dana pribadi, pasti mak nyusss

Balas

mat sore kang, trims contoh proposalnya

Balas

Proposan pengajuan uang gan :D hehe.. mantap

Balas

o yeh ... bisa jadi refferensi nih kang ... bangun desa ...

Balas

Sudah cair
pasti desa telah terlegalisir
dan pendatang langsung naksir

Balas

Ilmuku telah admin tambah
walau aku belum jadi lurah
tapi suatu saat terjadi sudah
dan pasti berguna dan berkah

Balas

Kalau jarang pulang, ganti namanya jadi bang Toyib saja mang .. he he

Balas

Sukses deh buah Desa Cilembu, semoga tambah maju

Balas

Proposalnya bagus kang, semoga bisa cair kang cairannya :p

Balas

sebelom di sedot...cipok basah dulu dong...

Balas

emang udah jadi bang toyib ci mamang mah kang.....

Balas

tapi kan vie nya lumayan kang....;o)

Balas

hiyah...soklah mangga disedot...formatnya kira2 begituh-lah...tinggal sesuaiin azh kebutuhannya pengen apa warga desanya...gituh.

Balas

udahan saya jadi bloggernya kalau duit pribasi mah kang....;o)

Balas

cairnya malem jum'at azh kang....dapet pahala...;o)

Balas

krauk krauk bunyinya pas di capluk ya kan?

Balas

met sore juga kang....sama-sama

Balas

aaaamiiiin.....semoga desanya makin maju

Balas

pasti tambah maju desa cilembu...

saya usulin buat dikampung ane, pake proposal ini biar gol

Balas

beh.. proposalnya masih kurang panjang kang :p

Balas

ternyata panjang banget ya klao bikin proposal permohonan yang bisa diterima. dan bahasa bukan seperti klau kita nulis blog. kek bahasa hukum ya

Balas

mang aku ijin buat nyontoh ya,,, hehe

Balas

Wah ternyata Kang Cilembu pandai buat surat menyurat
kayanya jago juga dengan Akuntansi sukses deh Kan :)

Balas

mw juga dunk di buatin proposalnya kang

Balas

kang boleh dicopi untuk persiapan

Balas

hehehee....jangan jadi lurah, mending jadi anggota dewan azh...gajihnya guede

Balas

aaaamiiiin...terimakasih atensinya

Balas

aaaamiiiin.
boleh juga kang....cobain azh

Balas

untuk yang satu ini saya tak ikutan ya bang sebab belum pernah ngajuin yang seperti itu

Balas

ternyata kang Cilembu salah satu tokoh masyarakat desa cilembu, waah-waah luar biasa nih
maju terus kang semoga pembangunan desa cilembu lancar dan sukse
dan jangan lupa kang untuk memajukan pola pikir masyarakatnya, biar joss gitu
hehehehe

Balas

kalu mo liat yang pendek...liat deh kebawah...;o)

Balas

ih...abang bisa azh deh ih...;o)

Balas

silahkan...dengan senang hati, moga gol yeah

Balas

ijin copy contoh proposalnya kang.. biar bisa gol juga proposal saya hehehe

Balas

terimakasih bapak bapak atas contoh proposal nya mudah2an desa nya makin maju ?

Balas

hehehe...segala hal emang jago...kecuali menaklukan cewe...:D

Balas

proposal cinta kale....:D

Balas

maaf baru terdeteksi komentarnya....:D
silahkan moga manfaat

Balas

padahal ikut azh kang..a.da amplopnya loch...:p

Balas

hadeuh...ci akang bisa aje deh ih...jadi malu...:p

aaamiiiiin....makasih atensinya

Balas

ikutan mendo'akan dari sini, moga gol juga :D

Balas

ieu teh, tos gol proposalna?
hebat euy!'
goooll

Balas

aaaamiiiin...terimakasih adfisnya pak

Balas

alhamdulillah...jalan ke cilembu lumayan ngageleser da....sok geura cobian kadieu.

Balas

Ijin nyontek proposalnya ya mas, soalnya kebetulan sekali saya sedang membuat proposal bantuan sekolah ni, terima kasih sebelumnya sudah mau berbagi

Balas

silahkan kang..konsep dasarnya seperti itu, tinggal disesuaikan kebutuhan dan jangan lupa pedekatenya yang paling penting mah

Balas

Berkomentarlah se'enak udelmu...kalau punya udel itu ge'......!!
_______________________________________
Salam sehat dan ceria selalu...ya..Neng!

Copyright © 2013. DESA CILEMBU - Privacy Policy | Disclaimer | Template Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger