logo blog
LOGO RESMI UBI CILEMBU SUMEDANG
UU No.15 Tahun 2001 Tentang Merek

Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012


Assalam'muallaiqum.wr.wb...Sampurasun...Rampes.
Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012
DAMPAK RENDAHNYA SANITASI

Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012 ~ Kecuali orang kesehatan, banyak yang ngga ngeh apa itu ODF, soalnya saya ge' baru tau dua minggu yang lalu dan sampe tulisan ini tayang, saya masih nanya singkatan ODF, yang ditanya malah cengengesan..."sama kang saya ge' teu apal...soalnya pake bahasa Ingris, kalau bahasa sundanya kira kira "BEBAS DARI BERAK SEMBARANGAN".
Mau nyari di google ODF itu apa....ko' ya males...Yo wis-lah lain kali kita bahas lebih lanjut ODF versi Inggrisnya, sementara ini cukup dipahami dulu lah yah, bahwa ODF itu, erat kaitannya dengan TAI (baca: kotoran manusia yang kadang berwarna kuning, kadang item, kadang menggumpal, kadang cair, kadang malah tak berbentuk tergantung seleranya sendiri, bau dan aromanyapun bervareasi tergantung dari kasta dan trah mana dia keluar, TAI nya para menteri tentu berbeda dengan TAI miliknya tukang ubi...begitulah kira-kira).

"idiih..inilah, artikel paling jorok dan paling ngga sopan sedunia"...kira-kira begitulah yang terlintas dipikiran sohib yang baca ini...iya kan...ngaku deh ngaku...!!

Menurut para ahli dan pelaku sanitasi serta orang dari Dinas Kesehatan, bahasa TAI, pada saat menjelaskan tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat(STBM)malah disarankan, harapannya agar yang mendengar menjadi jiji', dijey, jorok, jorse, lalu kemudian mules perut saat mendengarnya, lalu pengen berak bin beol bin e'o bin modol bin BAB...setelah itu terjadi, pasti akan mencari Jamban, kloset, wc, cubluk, sungai, got, selokan, sawah, kebun, semak-semak dan plastik kresek warna hitam.

Bila berhasil...membuat orang menjadi mules perut, bersiaplah untuk menjelaskan bagaimana pentingnya  (STBM)Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Apa pula STBM ini? STBM adalah pendekatan untuk merubah prilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicu.
Program STBM ini memiliki dua indikator yaitu:
Indikator Outcame : 
  • Menurunnya angka kejadian penyakit diare dan penyakit yang berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan prilaku masyarakat
Indikator Output :
Setiap individu dan komunitas masyarakat mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar, sehingga dapat mewujudkan komunitas masyarakat yang bebas dari BAB SEMBARANGAN, untuk mencapainya, masyarakat harus merubah prilaku yang biasa disebut dengan menjadi 5 pilar STBM yaitu :
  1. Setiap keluarga STOP BAB SEMBARANGAN,
  2. Mencuci tangan pake sabun
  3. Pengelolaan air minum dan makanan yang aman dan sehat dirumah tangga
  4. Pengelolaan limbah dengan benar
  5. Pengelolaan sampah dengan benar.
Sebagai acuan bagi petugas kesehatan, dan para pelaku sanitarian dan pencinta lingkungan dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat adalah Kepmenkes No. 852/Menkes/SK/X/2008 

Sebagai pengejawantah STBM diatas, untuk memicu seluruh warga Sumedang khususnya dan rakyat Indonesia umumnya untuk Tidak BAB Sembarangan, tak kasih tau Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012


NO PUSKESMASDESA DESA ODF Nama desa ODF
1Cimanggung 110
2Jatinangor 121Cileles
3Tanjungsari 75Jatisari,pasigaran,tanjungsari,Gudang,
Margaluyu
4Margajaya 53Margajaya,Raharja,Gunungmanik
5Sukasari 71Sukarapih
6Haurngombong 63Cilembu, haurngombong,mekarbakti
7Pamulihan 55Semua desa
8Rancakalong 105Nagarawangi,cibunar,cibungur,
pangadegan
9Sumedang Selatan90
10Sukagalih 60
11Kota Kaler 30
12Situ107Sirnamulya, kebonjati, jatimulya,
mekarjaya,padasuka,girimukti,jatihurip
13Ganeas 88Semua desa
14Situraja 146Siturajautara,cikadu,cijati,bangbayang,
kaduwulung,ambit,karangheuleut
15Cisitu 103Pajagan,sundamekar,cisitu
16Darmaraja 162Neglasari,sukaratu
17Cibugel 72Cibugel, Jayamandiri
18Wado 113Sukapura,cimungkal,cisurat
19Jatinunggal 90
20Jatigede 122Mekarasih,kadujaya
21Tomo 92Jembarwangi,cicarimanah
22Ujungjaya 92Kudangwangi,cipelang
23Conggeang 123Cacaban,Congkul,Jambu
24Paseh 1010Semua desa
25Cimalaka 1414Semua desa
26Cisarua 74Cisalakak,bantarmara,ciuyah,cisarua
27Sukamantri 53Gunturmekar,sukamantri,cigentur
28Tanjungkerta 71Kertamekar
29Tanjungmedar 99Semua desa
30Buahdua 94Cibitung,bojongloa,cilangkap,ciawitali
31Hariang 53Karangbungur,citaleus,hariang
32Surian 95Surian,suriamedal,wanasari,suriamukti,
wanajaya
JUMLAH283116SISANYA 167 DESA
[]Semoga diperiode 2013 dan Periode selanjutnya 
Desa ODF Kab. Sumedang Periode 2012
MENJADI LEBIH BANYAK LAGI  
Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
author-photo

Saya mah ng'blognya sambil dagang Ubi , dagang Kemasan Bambu Unik, sama dagang Keripik Singkong partey gede'...nyambi juga jadi makelar Tanah, naon ge' ya hayu-lah...Anda penasaran?..sama, saya juga.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

85 komentar

wah banyak temen saya disini juga jadi penyuluh ODF kang, ya gitu kerjaannya, menyadarkan masyarakat akan pentingnya BAB pada tempatnya, alias tidak DOLBON hehe...

Balas

Moga moga saja semua banyak yang pada sadar dengan kesehatan tidak BAB sembarangan. *eh mangkakno aku dewe jik sok beol neng kali hihihihi.

Balas

ikan asin ikan tongkol ,
enaknya dimasak pedas ,
duh jadi ingin beol ,
baca artikelmu tambah mulas ...

hahaha

sekarang sudah banyak warga yang sadar ga BAB di kali atau disemak-semak , baunya itu lo ih

Balas

sukarelawan pyur banget itu kang...kasih ongkos yah kalau ketemu...hehehe

salam sehat selalu untuk mereka kang...buat akang juga

Balas

kesian yang didepan sana...kena bom dukuh matesih

Balas

mantap tuh postingannya kang, paling mantap sedunia hehehe... mungkin untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan harus mencontoh seperti di Kota Mataram, Nusa Tenggara barat kalau terlihat ada warga yang terbukti Buang Air Besar (BAB) sembarang akan dipermalukan dan diumumkan lewat pengeras suara di masjid ehheheh...

Balas

hahaha...nggak jorok kok kang postingannya..malah keren. selera makan saya semakin bertambah :D
hehe

wah itu peraturannya stop BAB sembarangan, memang banyak yg sembarangan ya kang sebelumnya??

Balas

alinea pertama sangat meyakinkan...hahahahha. pagi2 disuguhin sperti ini. Huh

Balas

selamat paagi kang cilembu ubi, program yang berhasil tergantung dari masyarakatnya juga, masyarakat sumedang insya Allah sudah mempunyai kesadaran tinggi untuk hidup bersih ya kang.
hidup bersih sehat sejahtera bahagia itu tujuaanya. karena kebersihan adalah sebagian dari iman,

Balas

kalau ngengek saya warnanya hujau itu tandanya tai nya orang kasta apa kang ?

Balas

artikel ini sebenarnya komplain atas kelakuan tetangganya kang cilembu, karena sering buang hajat di depan gudang ubinya kang cilembu

Balas

wah bagus tuh mang, bisa diaplikasikan dimana aja

Balas

wah, saya baru tahu loh mang kalo ODF ini sampe di data seperti itu ... kalo di uji hipotesisnya pasti kesimpulannya orang di Indonesia ini masih sering BAB sembarangan , melihat sebaran data sample yang mencil-mencil seperti itu ... wahh ....

Balas

ekstrim banget tuh mang...tapi metoda paling efektif sedunia banget tuh...kang agus Setya sepertinya setuju y

Balas

n'tar tunggu yah...tak mikir dulu bikin pantunnya

Balas

lihat gambar nyaa aku jdi merinding mas , kalau bsa jangan BAB smbrangan lagi deh :(

Balas

kang fian..syukur deh kalau tambah lahap...selamat menikmati y kang.

kang agus bisa ajah deh ih

Balas

lagi makan baca beginian , mantef kang :D

Balas

kirain ove dosis food
ternyata ooo di fodolin...

Balas

selamat pagi, selamat menikmati...semoga pagi ini menjadi indah P

Balas

aaaaamiiiin, insyaallah, cilembu mah juara 1 tingkat Jawa Barat PHBS(Pola Hidup Bersih dan Sehat)...keren kan?

Balas

tanya m'ba dini, atau Indah P..mereka ahlinya

Balas

iya emang...padahal tanda yang mendasar dari negara maju adalah tidak ada bau tai disembarang tempat loh...diamerika/jepang...tai mereka sudah tertata rapih ditempatnya loh...hehehe

Balas

iya jangan, kalau masih sembarangan nanti burungnya ngga jelas bentuknya...hiiii celem

Balas

selamat menikmati, jangan terpengaruh

Balas

BAB 1..BAB 2 ..BAB 3... dengan judul BAB... jadi bingung nih hihihihi...untung tidak terjadi di daerahku yah... mudah2an tetap semangat sosialisasi demi sesama... hehehe

Balas

emangnya masih banyak yang kaya gtuh ya kang ?
ya ampun ga kebayang deh . hehhe

Balas

itu gambar apa Kang yang di pohon pisang?
ngeri banget liatnya..hoho.. huhuhu..

Balas

jangan bingung cukup tidak BAB sembarangan saja sudah cukup kang...hehehe

Balas

dicilembu mah alhamdulillah udah ngga ada, kalau di indonesia masih banyaaaaak

Balas

tergantung dari sudut mana akang ng'liatnya...lagian pengangguran merhatiin gambar yang itu sih kang....hehehe

Balas

Daripada begituan di semak2 mending numpang k wc tetangga hehe
Calon suster tidak terpengaruh ketika baca artikel ini sambil makan!suer ta kewer2

Balas

kelama'an mikir jadi botak..wkwkwk

Balas

wkwkwkwk... soalnya unik tuh Kang.

Balas

kesadaran demi kshatan memang harus di mulai dari lingkup paling kecil.
makasih kang kades

Balas

untuk akang tak smpen dikolong ranjang noh...

Balas

adminnya lah yang keren..hehehe

Balas

udah botak kaleee....;o)

Balas

yang gede bukan batangnya, tapi bijinya tuh...hehehe

Balas

di wc tetangga, emang ngga takut digerebek hansip kang?...hehehe

Balas

Susahnya kalo pas musim kemarau Kang, Pasti aromanya khas:) heheheh...syukur kalau desa Cilembu sudah ƍäªќ ăĎª ♧☀ yang demikian.

Balas

Klo sembarangan entar kayak kucingku dong kang.. hehehe...terkadang masalahnya BAB datang tidak disangka2 dan sepeti jaelangkung.. datang tak diundang..pulang tak diantar... wekekeke..

Balas

Kalo besar bijinya bakalan tahan lama tuh...karena stock cadangannya lebih gedean... wkwkwkwwk

Balas

pantesan pake topi terus ya...he3..

Balas

biasanya yang suka BAB sembarangan orang 2 yang tinggal didesa apalagi yang deket sungai wah..jadi tempat nangkring vaforit tu...padahal BAB ditempat terbuka dilarang dalam sudut pandang islam..

Balas

emangnya di desa colembu masih ada masyarakan yg eek sembarangan yah?
wahhh...gimana nih lurah dan camatnya?

Balas

hmm seharusnya pemerintah sesegra menindak lanjut

Balas

jaman sekarang apa masih ada masyarakat yang BAB sembarangan? kebangetan tu pemerintahnya kalo masih membebaskan masyarakatnya untuk BAB sembarangan. Selain merusak penciuman, hal tersebut dapat mengganggu kesehatan orang disekitarnya.

Balas

kecil, segede upil ya kang...hehehe

Balas

kalau musim hujam semerbak mewangi gituh?...alhamdulillah kang.

Balas

banyak m'ba...malah ngga pake nongrong, ada yang sambil lari, ada juga yang sambil makan bakso....crut sajah disitu.

seperti biasanya lurahnya tetap ganteng, dan camatnya tetap seksi tuh...hehehe

Balas

selain dari pada itu, topi juga buat nutupin jidat yang lebar...halaaah

Balas

sudah, dan sedang..cuman berak yang paling nikmat, ya disembarang tempat itu...baunya menikmatkan gituh...katanya...hehehe

Balas

masih banyak, kita peringkat 3 dunia BAB sembarangan...hebatkan?
negara ini kan menganut demokrasi tea kang...jadi bebas saja....hehe

Balas

pengalaman pribadi ya kang...hehehe

Balas

waduh, kayaknya pemerintah musti menerapkan program pembuatan WC umum gratis sebanyak 1000 buah nih, biar sukses.
apalagi kan katanya kotoran kita itu bisa dijadikan bahan bakar gas alami loh... harusnya itu musti diterapkan. dengan begitu kan berarti bs memanfaatkan sesuatu yg terbuang. tul gak sob?

Balas

betul...tapi kurang tepat, karena hal yang terpenting yang harus didahulukan adalah perubahan kebiasaan, banayak program MCK yang akhirnya ngga berfungsi karena warga belom terbiasa berak di kloset...susah keluar kalau pantat ngga kena air sungai, atau pantatnya ngga diintip oleh ikan2 dibawahnya(berak dikolamikan)..gituh ceritanya kang.

Balas

bener banget tuh... nyari WC umum sekarang sulit... jorok

Balas

hapunten nembe kadieu 4 hari server gangguan,malahan malam juga njam 8 serverna langsung eroor.baru sekarang bisa blogwalking,oh ya mudah-mudahan masyarakat selalu sada r akan kesehatan ya kang.

Balas

hahahah....klw mbil lari kan seperti guguk mang. akakak

Balas

Klo pas lagi lari sama makan bakso diabadikan tidak momennya Kang hehehe...klo lurah ganteng camat seksi tapi klo ee' sembarangan juga akan jadi lurah ganteng ee' sembarangan dan camat seksi ee' mbil berlari hehehe

Balas

kalo ketahuan BAB sembarangan gitu ...bisa di arak keliling kampubg ya kang :)

Balas

masa sih...iya gituh?..iya kale ya?

Balas

yang buntelen kresek item tuh mas KS :)

Balas

haha hihi hehe hoho....pantunnya mbak ayu sungguh lucu.. :D

Balas

teu sawios kang.
aaaaamiiiin mugi we bangsa ieu oge jadi sararehat sadayana nya' kang

Balas

ngga se-ekstrim gitu juga kang....palingan kalau ketauan BAB sembarangan, tainya kita suruh ambil dan dicium cium sendiri selama 24 jam terus menerus.....hehehe

Balas

mampir dulu ahh, nyruput kopi. ntar mampir lagi. harus nyetir nih Kang. hehe.. supir tembak sabtu minggu!

Balas

Wah buat pembelajaran nih biar ga sembarangan asal boker, bisa2 merugikan orang banyak.

Hehe

Balas

mangga kang, lumayan ampasnya ge'...
asal jangan SIM dapet nembak juga sajah....hati2 kang, jangan lupa salam manis kalau dijalan ketemu yang seksi..okeh

Balas

masa berak harus belajar dulu seh...masih suka blepetan ya....hehehe

Balas

waduuuh...salah obat deh nih...hihihihiii

Balas

yang seksi nggak bisa terlihat, soalnya ada yang lebih seksi di samping, yuhuiii

Balas

pake pampers adalah solusi

Balas

Mas KS berwujud buntelan ya sekarang?

Balas

Berkomentarlah se'enak udelmu...kalau punya udel itu ge'......!!
____________________________________________________
Salam sehat dan ceria selalu...ya..Neng!

Copyright © 2013. DESA CILEMBU - Privacy Policy | Disclaimer | Template Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger