PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT

Assalam'muallaikum....Sampurasun...Rampes.
PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKATPENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT ~ Bahasa kerennya Communit Based Solid Waste Management(CBSWM), post ini lanjutan dari post sebelumnya tentang BANK SAMPAH, hasil pelatihan yang wajib disharekan agar lebih banyak lagi masyarakat yang kemudian melakukan pemilhan sampah sejak dari awal pembuangan dirumahnya masing-masing menjadi sampah kering dan sampah basah...tidak untuk menyelesaikan masalah sampah, tapi sekedar mengurangi persoalan sampah yang terjadi dilingkungan kita.

Tujuan dari Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat ini adalah mendorong masyarakat menjadi lebih mandiri dalam menjaga dan mempertahankan kebersihan dilingkungannya melalui pengolahan sampah sejak awal pembuangan dirumah dan lingkungan terkecilnya.

5 Prinsip PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (CBSWM)
  1. Partisipasi masyarakat
  2. Kemandirian
  3. Efisiensi
  4. Perlindungan Lingkungan
  5. Keterpaduan
10 Langkah mewujudkan PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (CBSWM)
  1. Pendekatan kepada tokoh masyarakat dan ijin Lingkungan (RT, RW, Kepala Desa)
  2. Pendekatan kepada warga yang peduli danmau untuk melaksanakan dan menjadi penggerak dilingkungannya
  3. Pemetaan masalah sampah dan kebersihan lingkungan setempat dari berbagai aspek, termasuk data jumlah dan komposisi sampah rumah tangga
  4. Studi banding (jika mungkin)
  5. Pembentukan kelompok masyarakat, penyusunan rencana kerja, dan kesepakatan swadaya masyarakat dalam bentuk materi maupun non-materi.
  6. Pelatihan dan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran go'green 3R (Reduce, Reuse, Recycle = kurangi, pakai ulang dan daur ulang)
  7. Pendampingan, sosialisasi, penyebaran informasi dan pemantauan yang terus menerus ANTI BOSAN sampai berhasil membuat produk daur ulang, kompos, penghikauan, sampai kepada tanaman produktif
  8. Koordinasi dengan stekholder terkait
  9. Pemasaran daur ulang, tanaman produktif, kompos agar pengelola mendapat tambahan penghasilan
  10. Berpartisipasi dalam lomba-lomba kebersihan, bazar hasil kegiatan daur ulang, serta melakukan pameran hasil olahan sampah dan kebersihan lingkungan.
3R (Reduce, Reuse, Recycle)
  1. REDUCE (Mengurangi sampah) ~ Mengurangi sampahdan menghemat pemakaian barang/benda yang memungkinkan menjadi sampah. seperti : saat berbelanja jangan selalu memakai kantong plastik(kresek)
  2. Reuse (Pemanfaatan Ulang) ~ Barang yang sekiranya masih dapat digunakan, jangan dibuang, tapi gunakan lagi secara berulang, seperti menggunakan botol air minum yang dapat dipakai berulang-ulang, pemakaian kertas/mencetak pada dua didi kertas
  3. Recycle (Daur ulang) ~ Mendaur ulang barang yang dapat didaur dengan membuat kerajinan sehingga barang tersebut dapat dipergunakan kembali bahkan benilai ekonomis, sampah basah didaur ulang menjadi kompos.
Yuu...mari...mulai sekarang kita siapkan 2 tong sampah dirumah kita masing-masing, lalu kita pilah sampah rumah tangga kita menjadi dua jenis, sampah basah dan sampah kering...lalu tabungkan di BANK SAMPAH yang ada dilingkungan'mu.....SEKARANG!!!

dengan melakukannya sejak dini dan oleh KELUARGA kita TERLEBIH DULU, semoga kemudian menjadi VIRUS bagi seluruh warga dilingkungan kita[clb].

Berkomentarlah se'enak udelmu...kalau punya udel itu ge'...
_______________________________________
Salam sehat dan ceria selalu...ya..Neng Out Of Topic