logo blog
UBI CILEMBU SUMEDANG? disini Tempat yang TEPAT
Distributor UBI CILEMBU, KERIPIK UBI/SINGKONG dan KEMASAN BAMBU UNIK, Hp. 08231896554/087827980467
Contact Desa Cilembu

PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT

lazada.co.id
Assalam'muallaikum....Sampurasun...Rampes.
PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKATPENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT ~ Bahasa kerennya Communit Based Solid Waste Management(CBSWM), post ini lanjutan dari post sebelumnya tentang BANK SAMPAH, hasil pelatihan yang wajib disharekan agar lebih banyak lagi masyarakat yang kemudian melakukan pemilhan sampah sejak dari awal pembuangan dirumahnya masing-masing menjadi sampah kering dan sampah basah...tidak untuk menyelesaikan masalah sampah, tapi sekedar mengurangi persoalan sampah yang terjadi dilingkungan kita.

Tujuan dari Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat ini adalah mendorong masyarakat menjadi lebih mandiri dalam menjaga dan mempertahankan kebersihan dilingkungannya melalui pengolahan sampah sejak awal pembuangan dirumah dan lingkungan terkecilnya.

5 Prinsip PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (CBSWM)
  1. Partisipasi masyarakat
  2. Kemandirian
  3. Efisiensi
  4. Perlindungan Lingkungan
  5. Keterpaduan
10 Langkah mewujudkan PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (CBSWM)
  1. Pendekatan kepada tokoh masyarakat dan ijin Lingkungan (RT, RW, Kepala Desa)
  2. Pendekatan kepada warga yang peduli danmau untuk melaksanakan dan menjadi penggerak dilingkungannya
  3. Pemetaan masalah sampah dan kebersihan lingkungan setempat dari berbagai aspek, termasuk data jumlah dan komposisi sampah rumah tangga
  4. Studi banding (jika mungkin)
  5. Pembentukan kelompok masyarakat, penyusunan rencana kerja, dan kesepakatan swadaya masyarakat dalam bentuk materi maupun non-materi.
  6. Pelatihan dan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran go'green 3R (Reduce, Reuse, Recycle = kurangi, pakai ulang dan daur ulang)
  7. Pendampingan, sosialisasi, penyebaran informasi dan pemantauan yang terus menerus ANTI BOSAN sampai berhasil membuat produk daur ulang, kompos, penghikauan, sampai kepada tanaman produktif
  8. Koordinasi dengan stekholder terkait
  9. Pemasaran daur ulang, tanaman produktif, kompos agar pengelola mendapat tambahan penghasilan
  10. Berpartisipasi dalam lomba-lomba kebersihan, bazar hasil kegiatan daur ulang, serta melakukan pameran hasil olahan sampah dan kebersihan lingkungan.
3R (Reduce, Reuse, Recycle)
  1. REDUCE (Mengurangi sampah) ~ Mengurangi sampahdan menghemat pemakaian barang/benda yang memungkinkan menjadi sampah. seperti : saat berbelanja jangan selalu memakai kantong plastik(kresek)
  2. Reuse (Pemanfaatan Ulang) ~ Barang yang sekiranya masih dapat digunakan, jangan dibuang, tapi gunakan lagi secara berulang, seperti menggunakan botol air minum yang dapat dipakai berulang-ulang, pemakaian kertas/mencetak pada dua didi kertas
  3. Recycle (Daur ulang) ~ Mendaur ulang barang yang dapat didaur dengan membuat kerajinan sehingga barang tersebut dapat dipergunakan kembali bahkan benilai ekonomis, sampah basah didaur ulang menjadi kompos.
Yuu...mari...mulai sekarang kita siapkan 2 tong sampah dirumah kita masing-masing, lalu kita pilah sampah rumah tangga kita menjadi dua jenis, sampah basah dan sampah kering...lalu tabungkan di BANK SAMPAH yang ada dilingkungan'mu.....SEKARANG!!!

dengan melakukannya sejak dini dan oleh KELUARGA kita TERLEBIH DULU, semoga kemudian menjadi VIRUS bagi seluruh warga dilingkungan kita[clb].

Enter your email address to get update from DESA CILEMBU.
Print PDF
author-photo

Saya mah ng'blognya sambil dagang Ubi , dagang Kemasan Bambu Unik, sama dagang Keripik Singkong partey gede'...nyambi juga jadi makelar Tanah, naon ge' ya hayu-lah...Anda penasaran?..sama, saya juga.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

39 komentar

Capluk duluan ah...mumpung ngga ada yang liat

Balas

Minta saya sedikit kang..heheh

Balas

Mari kita semua bersih-bersih dilingkungan kita.. :)

Balas

kalau di tempat tinggal saya, tempat sampahnya hanya 1, bikin galian. Lha, nunggu pak kolektor sampahnya gak ajeg. Jd bikin sndiri saja, kebetulan msh ada sisa lahan.

Balas

wah tong di tempat saya belum ada yang kyak gini mang ;O

tong sampah nya aja jadi satu semua ;/

Balas

saya setuju pisan kang, karena kebanyakan sampah ini hasil rumah tangga, sebaiknya kita juga harus berperan aktif bagaimana mengatasi maslah sampah ini
dengan memilah-milih sampah organik dan unorganik sepertinya bisa sedikit mengatasi karena mudah untuk di daur ulang

di tempat saya tong sampah banyak, tapi masih dicampur kang....

Balas

Waah, itu sapunya imuut ya? :)

Saya juga suka ngumpulin sampah, tapi baru yang plastik. :) Ikut PELEPAH. . .

Balas

yu marii....kalau bukan oleh kita oleh siapa lagi coba?

Balas

hadeuhh meni ditewak nyalira duluan etah petamax heuheu

Balas

Bagus sekali Kang,dengan adanya PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (CBSWM) lingkungan kita jadi bersih dan sehat,semoga laancar Kang and succes selalu,,,,

Balas

Bagus banget pengelolaan sampah berbasis masyarakatnya. Dari sampah bisa menjadi berkah tentunya

Balas

udah bagus banget tuh...tinggal dipilah sampah basah dan keringnya, lobang sampahnya bisa jadi kompos deh...nanem sayuran, bisa nyaingin om bob sadino kan...hehehe

Balas

sebenernya aku liat kok, cuman gak bilang-bilang.. hehee

Balas

coba kalo di setiap daerah mengadakan seperti ini, ?? pasti linkungan nya nyaman dan pasti mengurangi banjir juga

Balas

kalau gituh...kewajiban kang wahyu untuk menyiapkan tong sampah yang representatif dong...;o)

Balas

harus dimulai dari diri kita...selanjutnya tetangga dan siswa/siswinya...sering kita lupa, bahwa sekecil apapun kita merhatiin sampah...pasti ada imbasnya untuk lingkungan.

hayo atuh mulai dipilah....;o)

Balas

imut kaya adminnya...tentu dong.

bagus tuh...kalau udah banyak bilang kesini ya...biar tak beli sampah plastiknya

Balas

wah, serakah nich kang hadi, pertamaxnya di embat duluan

Balas

sukses kang untuk penggalangan kebersihan lingkungannya, salut juga buat tempat sampahnya yg buatan sendiri itu....kreatif banget.

Balas

Pengelolaan sampah dg cara ini paling ndak bisa berdampak baik buat warga sendiri ya kang

Seperti yg udah di sampein diatas..hal ini di lakukan dari lingkungan dekat (wilayah) yaitu di masing tiap keluarga dulu..
&pd akhirnya ngerembes ke wilayah yg lebih luas lagi...
---

Balas

aaaamiiiin...terimakasih dukungan dan do'anya...kita masih sedang berupaya jugako kang

Balas

kalo sampahnya setengah basa dan setengah kering, dimasukin di tong sampah yang mana...atau dimasukin ke dalam kolam renang kang hadi saja ya..biar sekalian jadi basah semua :-)

Balas

Cuute :..hayooo ngintip ya..

M;ba Is: bukan diembat, tapi di capluk...;o)

Balas

lingkungan bersih...kali kali dapet pahala juga gituh....;o)

Balas

pastinya begituh...butuh berjuang secara bersama-sama, siapa dan dimanapun dimulai dari diri kita sendiri dulu deh....yu mariii

Balas

salutnya dibungkus atau dimakan disini m'ba?...pake saos ngga?...loh ko'

Balas

nah begituh maksud sayah teh kang...soklah kita mulai dari sekarang, dari lingkungan keluarga kita masing-masing dulu deh...apalagi yang tinggal dibetawi....yu ah!!

Balas

nanti jadi mandi basah tengah malem sambil baca mantra dong...
#pasang susuk dibibir...hadeuh

Balas

beneran Kang, nggak ada di list bacaan nih

Balas

kayak makan duku aja Pak, dicapluk...

Balas

soklah cobain makan dukunya dicapluk....bakalan klolodan tah KK

Balas

posting teh asa pok torolong pisan...
cing atuh diteraturin sehari sekali apa dua kali
jangan beberapa hari libur, ke tau tau ngaborosot nongol 5 jurnal sekaligus...

Balas

ora nahan suka pengen cekikikan sendiri baca komentar komentar kblinger....hiya ah, mulay sekarang komentar2ku mau kalm ah.

#nyambung banget kan jawabannya

Balas

masa seh...yang pasti mah ngga ada kolom komentarnya blognya noh!!

Balas

Berkomentarlah se'enak udelmu...kalau punya udel itu ge'......!!

Copyright © 2013. DESA CILEMBU - Privacy Policy | Disclaimer | Template Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger